Minggu, 29 Mei 2011

jaringan otot


LAPORAN PRAKTIKUM
OTOT

 










DISUSUN OLEH
NAMA                     :      FIRMANSYAH
NIM                         :      2010. 411. 006
MT.KULIAH          :      PRAKTIKUM HISTOLOGI
SEMESTER            :      II.A 2010/2011
PEMBIMBING      :      VITA SULISTYA, S.si






PROGRAM STUDI S-1 ILMU BIOLOGI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS PRGI PALEMBANG
2010/2011
ABSTRAK

     Praktikum ini dilaksanaan pada pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB, hari selasa tanggal 10 mei 2011. bertempat di laboatorium biologi, laboratorium Fakultas  Matematika dan Ilmu  Pengetahauan Alam Universitas PGRI Palembang. tujuan praktikum ini adalah untuk mengetahui bagian-bagian pada otot dan fungsi otot Hasil dari pratikum ini didapatkan gambar dan keterangan gambar. kesimpulan dari praktikum ini adalah Otot menyebabkan pergerakan suatu organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut.
























BAB I
PENDAHULUAN

        Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh dengan kontraksi sebagai tugas utama. Otot diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Otot menyebabkan pergerakan suatu organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut. Jenis-jenis otot Sel otot merupakan sel dengan banyak nuklei yang terjadi karena proses fusi dari sel mioblas.. Jenis-jenis otot yang ada dalam tubuh Otot lurik  Memiliki desain yang efektif untuk pergerakan yang spontan dan membutuhkan tenaga besar. Pergerakannya diatur sinyal dari sel syaraf motorik. Otot ini menempel pada kerangka dan digunakan untuk pergerakan.( Nuriska 1992 :1 ).

     Otot lurik  Memiliki desain yang efektif untuk pergerakan yang spontan dan membutuhkan tenaga besar. Pergerakannya diatur sinyal dari sel syaraf motorik. Otot ini menempel pada kerangka dan digunakan untuk pergerakan. Otot yang ditemukan dalam jantung ini bekerja secara terus-menerus tanpa henti. Pergerakannya tidak dipengaruhi sinyal saraf pusat. Efisiensi dari otot manusia adalah 18%-26%. Efisiensi didefinisikan sebagai rasio metabolisme, berdasarkan penggunaan oksigen.( Arif  2003 : 45 ).

       Otonom, bisa simpatis, bisa parasimpatis  Untuk otot jantung: peningkatan denyut jatung sangat dipengaruhi oleh syaraf simpatis, sedangkan penguragan denyut jantung sangat dipengaruhi oleh syaraf parasimpatis  Kerja syaraf otonom, baik simpatis maupun parasimpatis kebalikan dari kerja otot polos lanjutan polarisasi depolarisasi,repoplarisasi Perbedaan tersebut akan mengalami arus listrik (setrum), yang akan menyebabkan depolarisasi pada daerah sebelahnya .dan ini akan berlanjut sampai impuls selesai secara keseluruhan Pada saat depolarisasi berjalan ke daerah sebelahnya, maka pada awal perangsangan akan kembali ke muatan semula, bagian luar bermuatan positif, bagian dalam bermuatan negatif kalau seluruh rangkaian sudah seperti semula, maka disebut polarisasi
( Putri 2001 : 6 ).
     Otot lurik atau otot rangka adalah sejenis otot yang menempel pada rangka tubuh dan digunakan untuk pergerakan. Otot ini mempunyai pigmen mioglobin dan mendominasi tubuh vertebrata. Otot ini disebut lurik, karena pada otot ini tampak daerah gelap (miosin) dan terang (aktin) yang berselang seling. Disebut juga otot rangka, karena melekat di rangka dan juga otot sadar, karena bekerja di bawah kesadaran (volunter). Ciri-cirinya adalah berbentuk silindris, memanjang dan berinti sel banyak (multinuklei), bergerak dalam waktu cepat, dan cepat lelah.(Rizal 1995 : 32 ).

   1.2 Tujuan
       Tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengamati jaringan sel yang ada pada otot  mengetahui bentuk-bentuk jaringan otot yang ada pada manusia agar dapat bisa membedakan berbagai jenis jaringan sel yang ada pada otot





















BAB II
TINJAUAN PUSATAKA

Menurut Anisa ( 1990 :7 ) Sistem otot adalah sistem organ pada hewan dan manusia yang mengizinkan makhluk tersebut bergerak. Sistem otot pada vertebrata dikontrol oleh sistem saraf, walaupun beberapa otot (seperti otot jantung) dapat bergerak secara otonom. Manusia sendiri memiliki sekitar 650 jenis otot rangka. Otot terbagi menjadi 3, yaitu:
1.Otot Lurik
        Otot lurik atau otot rangka adalah sejenis otot yang menempel pada rangka tubuh dan digunakan untuk pergerakan. Otot ini mempunyai pigmen mioglobin dan mendominasi tubuh vertebrata.Otot ini disebut lurik, karena pada otot ini tampak daerah gelap (miosin) dan terang (aktin) yang berselang seling. Disebut juga otot rangka, karena melekat di rangka dan juga otot sadar, karena bekerja di bawah kesadaran (volunter).Ciri-cirinya adalah berbentuk silindris, memanjang dan berinti sel banyak (multinuklei), bergerak dalam waktu cepat, dan cepat lelah.
2. Otot Polos
     Otot polosOtot yang ditemukan dalam intestinum dan pembuluh darah bekerja dengan pengaturan dari sistem saraf tak sadar, yaitu saraf otonom. Otot polos dibangun oleh sel-sel otot yang terbentuk gelondong dengan kedua ujung meruncing,serta mempunyai satu inti, seperti yang terlihat pada gambar.
3.Otot Jantung
     Otot jantungOtot yang ditemukan dalam jantung ini bekerja secara terus-menerus tanpa henti. Pergerakannya tidak dipengaruhi sinyal saraf pusat.
      Otot biceps brachii atau sering disebut otot biceps (pemberian istilah ini kurang tepat, karena ada otot lain yang mengandung kata biceps), adalah otot besar berkepala (caput) dua karena berorigo pada dua tempat yang berbeda. Terletak di sepanjang lengan atas.Dua caput tersebut adalah Caput longum (panjang),Caput brevis (pendek) Otot ini sangat dikenal di masyarakat awam. Otot ini terletak di dekat dengan permukaan kulit sehingga mudah dilihat. Biceps brachii sering dipertunjukkan para binaragawan dan dapat tumbuh besar bila diberi latihan beban yang intens
Miglobin adalah pigmen otot yang berfungsi mengikat oksigen.bagian-bagian otot tendon adalah urat otot,bagian otot yang mengecil.ventrikel adalah empal otot,bagian tengah otot yang mengembung   origoadalah ujung otot yang melekat pada tempat yang tyidak bergerak. Insersio adalah ujung otot yang melekat pada tempat yang bergerak normotropi  adalah otoot yang besarnya normal atropi adalah oto t yang mengecil ,lisut hipertropi adalah otot yang membesar discus inter kalaris adalah bagian khas otot jantung yang merupakan batas ( Mico 2001 :9 )
   Karakteristik otot ,kontrabilitas adalah kemampuan untuk memendek ,ekstensibilitas adalah kemampuan untuk memanjang,elastisitas adalah kemampuan untuk kembali eukuran smula stelah mendekat atau memenjang otot tonus ketegangan akibat mengerutnya otot (kontraksi) tetanus adalah ketegangan maksimum yang terus menerus, fleksi adalah membengkokkan ekstensi meluruskan abduksi adalah menjauhi badan adduksi mendekati badan depresi adalah kebawah elevasi bergerak keatas, supinasi kerja memutar telapak tangan menengadah pronasi bergerak melengkung.(Kimball 1999: 9)
    Menurut Arminto (2003 : 4 )Bagian-bagian ototdibedakan menjadi empat yaitu :
1. Sarkolema
       Sarkolema adalah membran yang melapisi suatu sel otot yang fungsinya sebagai pelindung otot
2. Sarkoplasma
     Sarkoplasma adalah cairan sel otot yang fungsinya untuk tempat dimana miofibril dan miofilamen berada
3. Miofibril
      Miofibril merupakan serat-serat pada otot.
4. Miofilam





BAB III
METODE PRAKTIKUM

3.1 Waktu dan tempat
     Praktikum ini dilaksanaan pada pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB, hari selasa tanggal 1o mei , 2011. bertempat di laboatorium biologi, laboratorium Fakultas  Matematika dan Ilmu  Pengetahauan Alam Universitas PGRI Palembang.

3.2.Alat dan Bahan
          Alat-alat yang digunakan pada praktikum ini yaitu, mikroskop, kaca benda, dan kaca penutup,
         bahan yang digunkan dalam praktikum kali ini adalah preparat otot jantung preparat otot polos preparat otot serat melintang 

    3.3. Prosedur Kerja
1. Siapkan Mikroskop, kaca benda, dan kaca penutupnya pada posisi yang tepat
2. Siapkan masing-masing preparat yang akan diamati dibawah mikroskop sesuai caranya.
3. Amati bentuk sel, bagian-bagian sel yang hidup dan digambarkan hasil pengamatan saudara.
4. Lengkapi gambar dengan keterangan yang jelas, buatlah hasil dan pembahasan pengamatan dan kesimpulannya.









BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

       Dengan hasil pengamatan yang dilakukan,dapat dikrtahui ciri-ciri atau bagian-bagian otot jantung,otot polos, otot serat melintang  Bila dilihat dari hasil gambar yang didapat dari masing–masing bahan dapat dijelaskan bahwa:
        Gambar I. otot jantung   dengan pembesaran menggunakan alat mikroskop didapatkan adanya keterangan :


Klasifikasi         : animalia
Kingdom         :  animalia
Phylum            :  Chordata
Kelas              :  vertebrata
Ordo               :  gnathostomata
Family :  tetrapoda
Genus              :  mamalia
Spesies            :  homo sapiens
Keterangan       :
1.      Inti
2.      Serat otot
3.      penghubung antar sel


Deskripsi:
      Otot jantung merupakan otot yang mempunyai keistemawaan yaitu bentuknya lurik tetapi bekerja seperti otot polos yaitu di luar kesadaran atau di luar perintah otak.
Kerja ototo ini dipengaruhi oleh saraf autonom. Otot jantung membentuk dinding jantung sehingga jantung bekerja seumur hidup manusia. Kerja otot jantung tidak dipenaruhi kehendak kita.(Anwar 1997:21).
Gambar 2 otot polos   dengan pembesaran menggunakan alat mikroskop didapatkan adanya keterangan :
Klasifikasi         : animalia
Kingdom         :  animalia
Phylum            :  Chordata
Kelas              :  vertebrata
Ordo               :  gnathostomata
Family :  tetrapoda
Genus              :  mamalia
Spesies            :  homo sapiens
Keterangan       :





Deskripsi:
    Otot Polos berbentuk gelendong dengan kedua ujungnya meruncing dan bagian tengahnya membesar dengan panjang beberapa micron. Otot polos disebut juga otot dalam, karena otot polos menyusun alat-alat bagian dalam, seperti saluran pencernaan, pembuluh darah, saluran kelamin, dan saluran ekskresi.Jika dilihat dengan mikroskop, sel otot polos berbentuk gelendong dengan kedua ujung runcing. Otot ini hanya memiliki satu inti. Gerak otot polos tidak menuruti kehendak kita atau bekerja diluar kesadaran. Oleh karena itu, otot polos disebut juga otot tak sadar.Otot Polos bekerja lambat, teratur, dan tidak cepat lelah.
( Sasi 2001:2 )





Gambar 3. Otot serat melintang  dengan pembesaran menggunakan alat mikroskop didapatkan adanya keterangan :
Klasifikasi         : animalia
Kingdom         :  animalia
Phylum            :  Chordata
Kelas              :  vertebrata
Ordo               :  gnathostomata
Family :  tetrapoda
Genus              :  mamalia
Spesies            :  homo sapiens
Keterangan       :
1.      Inti
2.      Serat otot
3.      penghubung antar sel
Deskripsi:
        Otot lurik disebut juga otot rangka atau otot serat lintang. Otot ini bekerja di bawah kesadaran. Pada otot lurik, fibril-fibrilnya mempunvai jalur-jalur melintang gelap (anisotrop) dan terang (isotrop) yang tersusun berselang-selang. Sel-selnya berbentuk silindris dan mempunvai banvak inti. Otot rangka dapat berkontraksi dengan cepat dan mempunyai periode istirahat berkali - kali. Otot rangka ini memiliki kumpulan serabut yang dibungkus oleh fasia super fasialis.(Musaleh 1992 :23 )









BAB V
KESIMPULAN

Berdasarkan praktikum didapatkan kesimpulan sebagai berikut
1.      Otot jantung tersusun dari sel-sel otot yang mirip dengan otot lurik namun otot jantung mempunyai percabangan.
2.      Gerak otot polos tidak menuruti kehendak kita atau bekerja diluar kesadaran. Oleh karena itu, otot polos disebut juga otot tak sadar.
3.       Pada otot lurik, fibril-fibrilnya mempunvai jalur-jalur melintang gelap (anisotrop) dan terang (isotrop) yang tersusun berselang-selang




















DAFTAR PUSTAKA

Nuriska 1992 perbedaan sel,tumbuhan dan hewan jurnal artikel praktikum
          http//berfikir menjawab.blogspot.com
Arif  2003,.Biologi umum.penerbit iter plus.Bandung.1+130 hlm.
Putri 2001.Sains biologi.penerbit ganeca exact.bandung.1&6+130 hlm.
Anwar 1997 Mikroskop Sel penerbit FK.unlam.banjar baru.21+134 hlm. 
Sasi 2001 .biologi pertanian.Penerbit Rajawali Press.jakarta. 18+120 hlm.
Anisa  1990,.biologi umum untuk perguruan tinggi .Penerbit binaan pustaka tama.surabaya.20+120 hlm.  

2 komentar:

  1. 1xBet Korean Football Tips 1xbet Korean Sportsbook
    1xbet korean football betting tips 1xbet live 1xbet korean sportsbook. 1xbet korean football betting tips 1xbet korean sportsbook 1xbet korean sportsbook 1xbet korean sportsbook

    BalasHapus
  2. What are the best slots? - JDH Hub
    In fact, the best 목포 출장마사지 slots in our list are 전라남도 출장마사지 video slots, which 경산 출장마사지 is the best 전주 출장안마 slot machine 김천 출장안마 in America and the best video slot machine in the world. For

    BalasHapus